Apa alasan terbesarmu menjadi pengusaha ?

header niko 728 x 90

unduhan

Menjalankan bisnis milik sendiri akan menyita banyak waktu anda, jadi sangat penting untuk mengetahui “what drives you to do this”, apa alasan anda menjalankan bisnis ini? Terkadang tidak mudah untuk seorang entrepreneur menjawabnya.

Tulisan berikut mungkin berguna untuk mengetahui alasan apa yang mendorong anda menjalankan bisnis anda.

 

Saya ingin memulai usaha karena saya punya “ide yang luar biasa”

Jika ditanya “kenapa anda memulai usaha?” kemudian anda menjawab “karena saya punya ide yang luar biasa” maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini

  • Jika anda telah memiliki ide hebat yang dapat memuaskan kebutuhan dari suatu market yang cukup besar, anda memiliki potensi untuk membangun bisnis, mengeksekusinya dengan cepat dan efisien.
  • Ide brilian, menarik dan original sangat mudah menular ke orang lain, ceritakan ide anda pada orang lain maka investor dan customer akan datang.
  • Berhati-hatilah bahwa banyak orang percaya bahwa mereka memiliki ide bisnis yang fantastis,  tetapi akhirnya mereka sadar bahwa mereka tidak memiliki market nyata untuk bisnis mereka, sehingga ide yang katanya “fantastis” itu malah dieksekusi oleh orang lain terlebih dahulu atau produk yang mereka pikirkan terlalu sulit, terlalu mahal untuk dibuat sehingga tidak bisa dieksekusi.
  • Apabila anda baru memiliki ide yang belum berbentuk produk, lakukanlah riset pasar.
  • Setiap produk atau jasa dibuat untuk menjembatani kesenjangan yang ada di market, idealnya anda memiliki lebih dari satu keunikan dari produk anda (Unique Selling Proposition) dibandingkan pesaing di pasar.
  • Perhatikan hak paten dan intelektual property (IP), pastikan ide anda tidak melanggar/ meniru intelektual property orang lain.
  • Adakah bagian dari ide tersebut yang bisa dipatenkan? cobalah memulai untuk mendaftarnya terlebih dahulu sehingga tidak dapat ditiru dengan mudah oleh kompetitor. Namun biasanya hak paten memerlukan waktu cukup lama dan tidak mudah untuk mendapatkannya.
  • Berhati – hati dengan kebutuhan finansial dari ide Anda. Selalu pantau keseluruhan bisnis Anda dan pikirkan bagaimana anda bisa mendapatkan profit.

Saya ingin memulai usaha karena saya punya “passion yang luar biasa di bidang ini”

  • Jika Anda telah mencintai bisnis yang akan Anda mulai,  Anda tentu akan bekerja sangat keras, karena senang bekerja untuk suatu hal yang anda cintai adalah hal yang alami, hal ini sangat penting untuk membuat Anda sukses.
  • Antusiasme dari seorang entrepreneur  akan menarik investor dan customer untuk datang kepada Anda.
  • Jika Anda punya passion yang kuat terhadap suatu jenis bisnis, biasanya Anda akan memiliki pemahaman mendalam terhadap target marketnya, sehingga usaha marketing Anda punya peluang lebih besar untuk sukses.
  • Pahami juga bahwa bekerja di bidang yang anda sukai bukan berarti semuanya nyaman dan menyenangkan, akan banyak pekerjaan administratif yang sangat membosankan dan membuang waktu.
  • Anda juga harus memastikan bahwa Anda sangat memahami dan bisa menjadi expert tentang ide Anda, bukan hanya ketertarikan sesaat.
  • Selalu melakukan riset pasar, terlebih terhadap ukuran target market Anda, kenapa orang mau membeli produk anda, kenapa orang malah membeli dari kompetitor, hal seperti ini harus dianalisa.

Sumber Inspirasi : Startupbisnis.com

kantor 2 300 x 250 lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


BANNER FREE MEMBER
Tips Bisnis Online & Internet Marketing GRATIS via PIN:2AEDE6B7 & WA:089602822094Join FREEmember