Darimana Datangnya Ide Bisnis Kreatif dan Cara Menemukannya

Ide Bisnis Kreatif, Ide Bisnis Rumahan,Foto; jelasberitacom
header niko 728 x 90
Ide  Bisnis Kreatif, Ide Bisnis Rumahan,

Foto: jelasberitacom

IDE, DARI MANA DATANGNYA ?

Dari mana ide datang dan kemudian memungkinkan kita untuk membuat bisnis (uang) dari ide tersebut ? Mungkin sampai sekarang pertanyaan ini akan selalu menjadi tanda tanya besar bagi sebagian besar orang. “Kok terpikir ya ?”, “kok bisa ya?” dan kok-kok lainnya ketika kita melihat sebuah ide muncul dan kemudian menjadi sesuatu yang sangat menghasilkan. Lebih parahnya lagi, kadang ide-ide yang cemerlang dan menghasilkan tersebut sebetulnya sesuatu yang biasa kita lihat, kita jumpai atau bahkan kita sendiri bersentuhan dengannya.

Bagaimana cara ide datang ? Kalau soal menjadikan ide itu sebagai mesin duit, kita akan bahas nanti saja. Kali ini saya ingin focus kepada bagaimana kita bisa menciptakan ide, khususnya yang berhubungan dengan bisnis. Dari pengalaman saya menciptakan ide-ide untuk berbagai bisnis, setidaknya perlu empat sumber agar sebuah ide bisa muncul. ( Dalam hal ini saya bicara ide yang relevan, 

KNOWLEDGE
Nah ini dia landasan fundamentalnya (dalam ide yang relevan tentunya), pengetahuan akan mendekatkan kita kepada ide-ide yang relevan dan luar biasa ketika menangani sebuah brand, produk, ataupun ketika ingin menciptakan produk baru. Misalnya nih kita ingin mencari ide meningkatkan penjualan ? Nah, kalau tidak punya ilmu dalam bidang marketing dan sales, bagaimana caranya ide ini bisa muncul ? Ide yang dibutuhkan sifatnya lebih spesifik, sehingga dibutuhkan pengetahuan untuk megenerate ide tersebut.

EXPERIENCE
Pengalaman adalah kunci munculnya ide. Setuju gak setuju, saya gak peduli deh, hehehehe. Yang jelas, pengalaman merupakan kumpulan banyak informasi dan kejadian, yang bisa kita kelola untuk memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan orisinal. Dengan penglaman, ide-ide yang dihasilkan akan lebih relevan untuk dieksekusi karena diciptakan berdasarkan banyak informasi dan kejadian sebelumnya. Jadi sebetulnya gak aneh kalau orang yang sudah lama berkecimpung didunia music, misalnya punya banyak ide tentang music dibandingkan pemain sepak bola, begitupun sebaliknya.

DOKUMENTASI
Kalau ini adalah gudangnya ide baru. Dokumentasi dalam bentuk buku, foto, catatan dsb. Menyimpan dipikir banyak sekali sumber inspirasi untuk menemukan ide-ide baru. Di industri kreatif seperti yang saya geluti, ketika saya mentok ( ups, hehehe ) biasanya hal yang saya lakukan adalah membuka-buka video, majalah, buku dan lain-lain untuk memunculkan inspirasi baru. So, saya selalu katakan, dokumentasikan apapun yang menurut anda kelak akan memberikan inspirasi. Walaupun itu bukan hal yang berhubungan dengan pekerjaan kita saat ini.

ILHAM
Percaya atau tidak, kembali ke hak masing-masing. Tapi saya pribadi selalu percaya ada yang dinamakan ilham. Ilham di sini bukan nama orang, tapi sesuatu yang tiba-tiba muncul dipikiran kita padahal gak ada hujan gak ada petir. Istilah kerennya wangsit ! Kalau menurut saya, kunci untuk mendapatkan ilham ini adalah banyak dekat dengan yang Di Atas. Titik.

kantor 2 300 x 250 lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


BANNER FREE MEMBER
Tips Bisnis Online & Internet Marketing GRATIS via PIN:2AEDE6B7 & WA:089602822094Join FREEmember